Asyiknya Kuliah

Tak terasa waktu begitu cepat berlalu bagi kita yang kini sudah menginjakkan kaki kita di perguruan tinggi. Mungkin bagi kita sebagai mahasiswa baru terkadang merasa takut akan apa yang nantinya akan kita hadapi di kuliah tersebut. Banyak yang berpikir bahwa masa-masa di kuliah akan membosankan dan jenuh, dan akan sangat berbanding terbalik dengan masa-masa SMA yang tentunya tak akan pernah kita lupakan.

Kuliah ? Kuliah itu apa sih…kuliah adalah proses pembelajaran tingkat lanjut dimana individu sendiri telah menentukan pilihan jurusan sesuai dengan minat dan bakat. Kuliah juga untuk membentuk diri kita menjadi apa yang kita inginkan. Ternyata, awal kuliah memang asyik, namun butuh pengorbanan juga yang sangat besar, menghabiskan waktu yang banyak, biaya yang cukup besar dan tenaga. Tetapi akan ada kala waktunya tiba masanya kita merasa jenuh. Dimana ketika kita sudah mendapatkan tugas yang banyak dari dosen, banyak kegiatan organisasi dan kegiatan lainya.

Tahukah kamu, banyak pengalaman menarik yang hanya bisa didapat jika kamu menjadi mahasiswa? Contohnya adalah ada teman baik yang setiap saat dikunjungi, dulu saat kita sekolah mungkin teman-teman kita hanya dari tetangga dan komplek rumah, berbeda dengan masa kuliah kita bisa menemukan teman sejati dari teman kost, ataupun teman di kampus. Kamu dan sahabat sejati saling berkunjung ke kamar kost, makan bareng, nonton tv bareng, main bareng, dan saling curhat. Percayalah, setelah lulus nanti, akan lebih sulit menemukan waktu yang pas untuk bertemu.

Bukan hanya itu saja agar kuliah kita asyik dan menyenangkan, fokus kuliah memang penting namun jangan terlalu stres memikirkan mata kuliah. Memang sih kita pasti takut dengan mata kuliah yang sulit, dan kita mempunyai tanggung jawab untuk belajar, tapi bukan bearti kita harus takut untuk menghadapinya sehingga kita merasa stress dengan mata kuliah tersebut. Selanjutnya ikuti kegiatan UKM di kampus, untuk menambah pengalaman, menambah kenalan atau teman baru dan menggali bakat kita yang masih terpendam. Tak usah kahwatir kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa dan bisa untuk melatih kedewassan kita dan melatih bagiamana mengatur waktu dengan baik, dan bisa mengisi waktu kita yang kosong dan menjadikan hari-hari kita menjadi menyenangkan. Meluangkan waktu untuk rekreasi juga sangat penting untuk mahasiswa, untuk merefresh otak kita.

Jadi, dapat disimpulkan kuliah tidak ada kalah mengasyikan saat masa SMA, kembali pada diri kita masing-masing, bagiamana kita memanfaatkan sebaik-baiknya masa-masa kuliah ini agar nantinya tak akan kita lupakan dan menjadi kenangan terindah yang nantinya kita bisa ceritakan ke anak-anak kita sampai cucu-cucu kita.

Semoga bermanfaat. Terimaksih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 58 = 61