Category Archives: Uncategorized

Asyiknya Kuliah

Tak terasa waktu begitu cepat berlalu bagi kita yang kini sudah menginjakkan kaki kita di perguruan tinggi. Mungkin bagi kita sebagai mahasiswa baru terkadang merasa takut akan apa yang nantinya akan kita hadapi di kuliah tersebut. Banyak yang berpikir bahwa masa-masa di kuliah akan membosankan dan jenuh, dan akan sangat berbanding terbalik dengan masa-masa SMA yang tentunya tak akan pernah kita lupakan.

Kuliah ? Kuliah itu apa sih…kuliah adalah proses pembelajaran tingkat lanjut dimana individu sendiri telah menentukan pilihan jurusan sesuai dengan minat dan bakat. Kuliah juga untuk membentuk diri kita menjadi apa yang kita inginkan. Ternyata, awal kuliah memang asyik, namun butuh pengorbanan juga yang sangat besar, menghabiskan waktu yang banyak, biaya yang cukup besar dan tenaga. Tetapi akan ada kala waktunya tiba masanya kita merasa jenuh. Dimana ketika kita sudah mendapatkan tugas yang banyak dari dosen, banyak kegiatan organisasi dan kegiatan lainya.

Tahukah kamu, banyak pengalaman menarik yang hanya bisa didapat jika kamu menjadi mahasiswa? Contohnya adalah ada teman baik yang setiap saat dikunjungi, dulu saat kita sekolah mungkin teman-teman kita hanya dari tetangga dan komplek rumah, berbeda dengan masa kuliah kita bisa menemukan teman sejati dari teman kost, ataupun teman di kampus. Kamu dan sahabat sejati saling berkunjung ke kamar kost, makan bareng, nonton tv bareng, main bareng, dan saling curhat. Percayalah, setelah lulus nanti, akan lebih sulit menemukan waktu yang pas untuk bertemu.

Bukan hanya itu saja agar kuliah kita asyik dan menyenangkan, fokus kuliah memang penting namun jangan terlalu stres memikirkan mata kuliah. Memang sih kita pasti takut dengan mata kuliah yang sulit, dan kita mempunyai tanggung jawab untuk belajar, tapi bukan bearti kita harus takut untuk menghadapinya sehingga kita merasa stress dengan mata kuliah tersebut. Selanjutnya ikuti kegiatan UKM di kampus, untuk menambah pengalaman, menambah kenalan atau teman baru dan menggali bakat kita yang masih terpendam. Tak usah kahwatir kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa dan bisa untuk melatih kedewassan kita dan melatih bagiamana mengatur waktu dengan baik, dan bisa mengisi waktu kita yang kosong dan menjadikan hari-hari kita menjadi menyenangkan. Meluangkan waktu untuk rekreasi juga sangat penting untuk mahasiswa, untuk merefresh otak kita.

Jadi, dapat disimpulkan kuliah tidak ada kalah mengasyikan saat masa SMA, kembali pada diri kita masing-masing, bagiamana kita memanfaatkan sebaik-baiknya masa-masa kuliah ini agar nantinya tak akan kita lupakan dan menjadi kenangan terindah yang nantinya kita bisa ceritakan ke anak-anak kita sampai cucu-cucu kita.

Semoga bermanfaat. Terimaksih

Perasaan saat UTS TIBK, 23 Nopember 2015

Ujian Dikerjain Dosen??

Namaku Desy, saya mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, prodi Bimbingan dan Konseling Semester 3, Kelas A, yang di ampu oleh Bapak Agus Triyanto, M.Pd. Nah tepat tanggal 23 Nopember pukul 07.30 ada perjanjian akan diadakanlah sebuah ujian tengah semester, matakuliah Teknik Bimbingan dan Konseling. Ujian tengah semester ini tentunya bertujuan untuk mengukur kapabilitas para mahasiswa seputar materi yang telah diajarkan selama tengah semester ini. Minggu lalu memang sebelumya sudah ada perjanjian untuk ujian namun alhamdulilahnya dosen tidak masuk kelas karena ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, perasaanku dan teman-temanku pada saat itu sangat bersyukur dan senang sekali. Namun seminggu itu pun berlalu, Hari senin itu dosen masuk dan suasasa kelas terdiam dan merasa gelisah melihat dosen membawa kertas yang akan di ujikan hari ini juga. Komputerpun siap dinyalakan karena kita menggunakan Microsoft Excel, seperti biasanya pelajaran sebelum dimulai kami berdoa terlebih dahulu setelah itu dosen membagikan kertas dan memberikan arahan yang harus dikerjakan, kita hanya di beri waktu selama 1 jam. Mahasiswa siap mengerjakannya dengan suasana kelas yang sunyi, mahasiswa pun mengerjakan dengan serius, namun ada rasa panik dan gelisah karena kita hanya di beri waktu 1 jam itu.

Setengah jam pun berlalu saya sudah mengerjakan setengahnya, huuuu…. saya merasakan panik saat itu, takut karena saya berpikir kerjaan saya pasti tidak selesai padahal pada saat itu juga pekerjaan harus dikirim ke-email dosen, hanya pasrah dengan melanjutkan mengerjakan. Memang si ujiannya tidak sulit, hanya saja membutuhkan ketrampilan dan harus cepat saja mengerjakanya. Hemm… waktu ujian pun selesai, dosen menyuruh semua mahasiswa mengangkat tangan dan tidak ada lagi yang memegang mouse. Wahh.. perasaan saya sangat takut sekali saat itu, nilai mau dapat berapa nih dengan pekerjaanku yang seperti ini. Dosen berkata ”sudah selesai?” semua mahasiswa menjawab ”belum”. Dosen dengan wajah tersenyum dan mengambil gambar mahasiswa yang wajahnya tegang semua. Haha.. berasa ingin tertawa bila mengingatnya. Dosen menyampaikan “saya senang dengan kalian semua mengerjakan dengan serius” mahasiswapun bertanya “ maksudnya bapak” dosen menjawab “saya hanya ingin mengetes kalian saja bagaimana mengerjakannya, namun saya senang dengan keseriusan kalian mengerjakannya, bapak harap semua pekerjaan anda mulai dari sekarang anda berlatih untuk mengerjakan seperti ini dengan serius” wah wah wah wah….. mahasiswa tertawa, perasaanku saat itu hah entahlah seneng iya, sedih iya, ketawa iya, greget iya, sebel iya, huuuuuuuuuuu leganya. Hehe

Pekerjaan ini dilanjutkan dirumah dan dikumpulkan besok pagi. Pesan buat bapak nih, Terimakasih banyak untuk hari ini, bapak sudah sangat berhasil ngerjain kita. Tapi terimakasih banyak juga karena dengan ujian ini saya tahu memang menjadi mahasiswa harus siap tanggap dengan pekerjaan-pekerjaannya. Karena bagaimanapun kita harus siap dan harus belajar sebelum ujian, agar tidak ada rasa gelisah saat menghadapi ujian. TERIMAKASIH BAPAK. Semoga ini menjadi cerita dan pengalaman kita.

Refresing itu sangat penting dalam hidup

Secara terpisah Refresh bisa kita artikan re berarti kembali dan fresh berarti segar, jadi refresh secara sederhana dapat kita artikan segar kembali. Manusia pada zaman sekarang yang sangat padat jadwalanya dengan kegiatan-kegiatan mereka pada rutinitas yang tiada berujung maka membuat manusia lelah, bosan, jenuh dan lain sebagainya.

Refresing untuk kita sangatlah penting karena dapat menyegarkan kembali fikiran kita dan menyemangatkan kita lagi. Hemm… apalagi buat wanita nih ? karena wanita termasuk makhluk yang sangat mudah terpancing emosinya. Dan wanita juga tidak bisa lama-lama memendam apa yang membuat ganjal dihatinya. Beda halnya dengan laki-laki yang mungkin tergolong cuek dalam hal sesuatu, ini lah yang membuat wanita gampang mengalami stress. So.. wisata sangat lah tepat untuk menetralisir emosi-emosi dalam jiwa kita.

Namun ingat ! terlalu sering refresing juga salah. Mengapa ? membuat kita suka melarikan diri dari kenyataan hidup. Kehidupan ini jelas mempunyai permasalahan yang tak dapat kita hindarkan. Tetapi jangan juga tidak menyediakan waktu sedikitpun untuk melaksanakan refreshing. Hati bisa menjadi kecut dan cepat lelah. Bersikap seimbanglah!

Banyak sekali manusia memilih untuk rekreasi. Contohnya memilih di laut, jika ingin mengistirahatkan dan menyegarkan pikiran. Bisa juga memilih ke tempat-tempat peninggalan bersejarah jika akan menambah pengetahuan kita dan juga wawasan. Kita bisa memilih rekreasi ke hutan lindung atau tempat-tempat penangkaran binatang jika hal itu dapat menambah pengetahuan dan juga rasa sayang kepada makhluk hidup selain manusia.

Ada cara lain juga loh buat menyegarkan otak kita, bisa nih dengan cara kita membaca al-Quran.. subhanallah, karena dengan kita membaca kitab suci Al-Quran bisa membuat hati dan pikiran kita lebih tenang, nyaman, dan damai. Selain itu kita bisa mendaptkan pahala dari Allah SWT. Jadi, tidak usah kita repot-repot keluar cukup dengan cara ini menurut saya lebih efisien dan efektif.

Berolahraga? Wih… tidak salah lagi nih bagi para pencinta olahraga juga bakal menjadikan hal ini senjata yang sangat ampuh untuk merefresh otak, menjadi segar dan tenang tentunya. Jadi, bisa dikatakan bahwa berolahraga sangat ampuh membuat otak kita lebih fresh.

Satu lagi ya.. ini nih kebanyakan adalah hoby para wanita, yaitu shopping/belanja. Dengan belanja wanita dapat menyegarkan dan menengangkan otak juga dapat merefresh otak kembali sehingga wanita akan merasa bahagia.

Semoga bermanfaat 🙂  masih banyak lagi cara lain untuk merefresh otak dan refresing di luar sana yang lebih bermanfaat lagi. Agar kita kembali bersemangat lagi untuk melakukan aktifitas kita sehari-hari. Terimkasih.

 

by.dessy

Tips memotivasi untuk diri sendiri

Apa itu motivasi diri ? motivasi diri merupakan salah satu syarat yang sangat penting dan utama bagi diri sendiri untuk mencapai suatu tujuan seseorang. Banyak sekali orang sukses karena memiliki motivasi diri yang sangat kuat untuk mencapai tujuan hidupnya. Tak pernah mengeluh atau pun putus asa. Motivasi sangat penting jika anda bermimpi besar dalam hidup dan ingin menggapainya. Berikut adalah tips memotivasi diri untuk membantu anda meraih impian anda :

Tetapkan pada satu tujuan

Banyak sekali orang tidak menyadari seperti apa yang ingin mereka gapai dalam hidup. Maka bisa mulai dari sekarang anda menuliskan dengan singkat tujuan jangka panjang anda dan fokus dalan satu cara, rencanakan dengan baik. Hal ini akan membuat anda lebih semangat dan menjadikan motivasi pada diri anda.

Berpikir positif

Berpikir positif adalah tips terbaik untuk motivasi diri. Anda harus menyadari bahwa kesuliatan dan hambatan pasti selalu muncul di jalan menuju kesuksesan. Namun kuncinya terletak pada sikap tenang dan positif anda. Anda harus mengindari hal yang negatif dariorang-orang yang negatif dan mendekatkan diri kepada orang-orang positif karena akan membantu anda semangat untuk memotivasi diri anda.

Tetap konsisten

Anda tak perlu berkecil hati apabila mengalami hambatan atau kesulitan dalam menuju kesuksesan. Anda garus tetap konsiten untuk mecapai tujuan anda untuk kesuksesan anda. Jangan pernah mengeluh, jangan pernag berputus asa, apapun yang terjadi. Harus tetap berusaha untuk menggapai impian anda dan kesuksesan anda.

Jangan takut salah

Saat Anda berfokus pada hasil, tentu Anda akan takut salah. Anda takut hasilnya tidak sempurna. Nah maka dari itu jangan lak takut salah mengambil tindakan ataupun keputusan yang positif untuk langka menuju sukses anda.

Nah, demikian cara yang dapat Anda terapkan untuk memotivasi diri sendiri. Memang tidak mudah untuk mengimplementasikannya dalam kehidupan nyata. Tetapi, selama Anda memiliki kemauan, penulis yakin, selalu ada jalan bagi Anda untuk berubah lebih baik, semoga bermanfaat dan sukses di masa depan.

 

 

 

B612-2015-09-24-16-40-43

Setiap apa yang kamu kerjakan itu merupakan ibadah..

Belajar juga Ibadah..

Dan setiap kaki ini masih mampu melangkah untuk merengkuh langkakahku,

Semoga langkahku ini tak menjadi sia-sia dan menuai keberkahan..

Semangat Dessy jalan masih sangat panjang, ada orang-orang yang menunggumu nan jauh disana untuk melihatmu dengan bangga akan hasil kerasmu 🙂

BIG SPIRIT STUDY 😀

 

CERITA PADA WAKTU SMA

Pada malam hari ketika saya sedang belajar, saya tiba-tiba lapar dan ingin keluar membeli makanan yaitu Nasi Goreng, keluarlah saya dan bertemu lah saya dengan seorang kakek yang sedang mengantri membeli makanan dengan berpakaian serbah putih. Didekatilah saya dan kakek itu berkata :

Kakek : Belum makan dek ?

Saya : Belum, kakek udah pesan nasi gorengnya ?

Kakek : Udah dek, kamu sendiri?

Saya : Sudah juga pak (dengan tersenyum)

Kakek : (bertanya kembali setelah beberapa menit diam) kamu sekolah dimana dek?

Saya : Saya sekolah di SMA N 1 Klirong kakek, dan saya ngekost di rumah depan, Bapak Damiri namanya.

Kakek : Oh iya dek, wah wah.. SMA udah ngekost kamu yah, bagus dek, biar lebih mandiri.

Saya : hee.. yah mau gimana lagi kek, rumah saya jauh kalau untuk di laju, nanti malah terganggu sekolah saya.

Kakek : Memangnya rumahmu dimana dek?

Saya : Di Ayah kek, Desa Pasir..

Kakek : wah lumayan juga yah..

Saya : Iya kek.. (tersenyum)

Kakek : dek rumahmu jauh, kamu juga jauh dari orang tuamu, bapak hanya pesan jaga diri baik-baik yah, fokuslah pada sekolahmu, bapak yakin kelak kamu bakal menjadi orang yang Sukses dan mendapatkan pasangan Hidup yang sukses juga. Bapak yakin itu.. (tiba-tiba kakek berbicara panjang dan memberi saran ke pada saya)

Saya : (memotong pembicaraan kakek) iya pak, terimakasih atas saran dan semangat dari kakek

Kakek : (spontan) jadilah wanita yang SATUJUTA ya ?

Saya : maksud kakek ?

Kakek : (menjelaskan) begini dek, jadilah seseorang yang SATUJUTA di Dunia ini karena sangat penting untuk masa depanmu.. maksudnya dari SATUJUTA itu adalah

SA : SABAR

TU : TUNDUK

JU : JUJUR

TA : TAQWA

Saya : Subhanallah… baiklah kek, insyallah saya akan berusaha menjadi orang yang SATUJUTA..

Kakek : (tersenyum) alhamdullilah dek, (lalu menceritakan satu persatu dari SATUJUTA itu) dek, kamu harus belajar Kesabaran dari sekarang, apaun keadaanmu harus bisa sabar, dan kamu juga harus Tunduk kepada siapapun itu termasuk yang terpenting adalah orang tuamu dan suamimu kelak. Kamu harus menjadi seorang istri yang taat kepada suami ya, apapun perintah suamimu turutilah.. dan jangan lupa juga dek kamu juga harus menjadi orang yang selalu bertaqwa kepada Allah SWT, insyallah dari SATUJUTA itu kamu laksanakan kamu akan hidup nyaman dan bahagia dek..

Saya : iyaa iya kek, sungguh bermakna saran kakek, terimaksih banyak atas pengetahuan ini pak, SATUJUTA..??? iya saya akan selalu ingat.. Terimakasih..

Kakek : Sama – sama dek

Saya : (lalu pesanan makanan pun udah jadi,aku pun pulang ke kost dan berpamitan dengan kakek itu) Maaf pak, saya duluan pulang dulu ya..

Kakek : Silahkan dek (masih menunggu pesanan nasigorengnya)

Saya : (berjalan dan menyebrang jalan raya, lalu setelah saya menyebrang saya tengok kebelakang ke arah kakeknya dan terkejut bapak tua itu sudah tak ada di warung nasi goreng itu, dalam pikiranku kemana beliau, pertama dan terakhirlah saya bertemu dengan kakek itu)

Singkat dialog bersama kakek itu, sungguh bermakna dan tak bisa dilupakan sampai sekarang. Saya berharap apabila kakek itu seorang manusia semoga di beri Kesehatan, umur panjang dan kebahagiaan di Dunia maupun di Akhirat. Namun apabila sebut saja “malaikat” terimakasih dan saya akan berusaha menjadi orang yang SATUJUTA itu. Karena kata SATUJUTA ini saya bisa menjadi yang sekarang, meski saya dari keluarga yang sederhana, dari kampung, pendapatan orang tua pas-pasan (PETANI) dan berada di lingkungan yang mungkin jauh dari kata maju. saya bisa melanjutkan study saya, saya lebih semangat dan terinspirasi, adanya greget untuk selalu haus dalam ilmu dan meraih kebahagiaan di masa depan saya, untuk menjadi orang yang SUKSES demi diri sendiri, Orang Tua, dan orang-orang yang aku sayang.

Sedikit curahan hati malam ini,,

Terimakasih..

 

by. dessy

 

Catatan Data Pribadi

Data pribadi sangatlah penting untuk mengetahui identitas seseorang. Data pribadi atau biodata diri sangat efektif untuk mengetahui secara terperinci dan terstruktur guna mengenal diri seseorang secara tertulis walaupun belum pernah bertatap muka secara langsung. Data pribadi setiap orang pastilah berbeda-beda, dengan adanya biodata diri inilah kita akan terbantu mengetahui identitas seseorang dari nama, agama, usia, nomer kontak, data orang tua/wali, dan lain sebagainya sesuai dengan apa yang ingin kita ketahui dari orang tersebut tanpa menyinggung perasaan atau membuat dirinya malu.

Contoh biodata diri dapat dilihat sebagai berikut      :

1

Penjelasan dari biodata di atas dapat kita uraikan sebagai berikut     :

  1. Nama : merupakan identitas utama yang wajib kita ketahui untuk menyapa maupun memanggil seseorang secara sopan.
  2. NIM : Nomor Induk Mahasiswa berguna untuk mengetahui daftar mahasiswa secara mudah dari pihak kampus.
  3. Tempat dan tanggal lahir : digunakan untuk mengetahui dimana dia di lahirkan dan mengetahui umur dari mahasiswa, yang berkenaaan dengan asal budayanya sebab asal budaya sangat mempengaruhi sikap dan tingkahlaku dari si mahasiswa sehingga kita tahu bagaimana mengatur anak didik masing-masing sesuai dengan sikap dan tingkahlakunya.
  4. Jenis kelamin : Digunakan untuk mengetahui tingkah laku dan kepribadian antara laki-laki dan perempuan, dimana sifat dari laki-laki lebih aktif dan perempuan lebih cenderung pendiam.
  5. Agama : berkenaan dengan sistem keperyaan yang di anut dari suatu individu sehingga kita bisa saling menghargai satu sama lain
  6. Alamat Asal : menyangkut tentang alamat asli dari mahasiswa yang bisa di gunakan untuk mengetahui seberapa berkembangnya budaya asal dari mahasiswa apakah masih terisolir atau tidaknya.
  7. Telepon rumah/hp : digunakan untuk menghubungi mahasiswa jika sewaktu-waktu ada info yang mendadak, dan bisa di gunakan untuk berkomunikasi sesama maupun untuk bertanya kepada dosen guna untuk bisa berkonsultasi secara tidak langsung.
  8. Sosmed (Facebook,tweeter,bbm,whatsapp,ig, dll) : digunakan sebagai sarana komunikasi sesama dan bisa juga untuk mengetahui suasana ataupun keadaan teman satu sama lain namun hal ini juga belum bisa sebagai patokan kita mengetahui keadaan yang sebenarnya.
  9. Hobi : sesuatu yang disenangi, yang sering dilakukan, jadi seorang konselor lebih mudah mengetahui bagaimana cara menggunakan terapi/teknik yang akan digunakan.
  10. Prestasi : pencapaian dari individu itu sendiri sehingga prestasi dapat di lihat oleh konselor dan di kembangkan agar lebih baik.
  11. Jumlah saudara/anak ke : digunakan untuk mengetahui sifat dan tingkah laku sehari-hari berdasarkan jumlah saudara dari individu dan urutan kelahiranya.
  12. Data orang tua/wali : yang terdiri dari nama, pendidikan dan pekerjaan. Biasanya orang tua memiliki pekerjaan yang layak akan lebih menuntut anaknya agar lebih baik dari orang tuanya atau mengikuti apa yang di inginkan orang tuanya. Contoh orang tua yang menjadi dokter makan anaknya harus bisa menjadi dokter. Jadi sebagai konselor kita harus mengarahkan dan mampu memahami keinginan dari individu itu sendiri agar tidak ada paksaan maupun tuntutan yang mengintimidasi mereka.

 

Kesimpulanya :

Biodata diri bagi konselor berfungi sebagai pemberi informasi tertulis secara terperinci dari suatu individu sehingga akan memudahan bagi konselor untuk dapat lebih memahami sifat dan tingkah laku dari individu masing-masing.

Semoga Bermanfaat..

Semangat Hidupku karena Cintamu

Wahai sang pujaan hati…

Ada rongga dalam hatiku tanpa cinta ini…

Darahku ini, akan tetap hangat

Karena engkaulah mentari pagi wahai sang pujaan hati…

Pohon berdaun hijau tak akan gugur

Air bejalan mengairi pepohonan agar tetap hidup kokoh

Cintamu membangkitkan semangatku agar tak pernah mundur

ketika air mata menetes, karena sebabku, itu membuktikan cintamu kokoh untukku..

Dua diantara pilihan hanya engkau yang ku sayang

Cintaku untukmu seperti pohon jati yang akan tetap hidup menjulang

Ketika awan ini menangis, bertanda akan segera hujan

tapi ketika air mataku terjatuh, itu karena aku takut kehilangan orang yang aku sayang

by: RDC